Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di FlashDisk

Matateknologi.com - Banyak cara mengembalikan file yang terhapus di FlashDisk mungkin karena virus atau memang faktor tidak sengaja. Kehilangan file yang ada di perangkat keras FlashDisk kiranya merupakan hal umum yang dialami oleh para pengunanya. Hal ini tentu bisa dikatakan sebagai peristiwa yang menyebalkan sekaligus mengkhawatirkan karena file yang kita miliki terhapus secara tiba-tiba bahkan berpotensi untuk hilang dan tak kembali lagi kepada kita. Dikarenakan itu pengetahuan terkait dengan metode pengembalian data FlashDisk merupakan hal yang perlu anda ketahui secara seksama untuk mencegah peristiwa tersebut terjadi.

Penanganan file FlashDisk yang terhapus sendiri dapat dilakukan secara manual dan mandiri mengunakan perangkat lunak yang ada di komputer anda. Selain itu pengembalian file ini harus dilakukan secara segera agar memperbesar potensi tidak hilangnya file secara permanen. Oleh karena itu tanpa berpanjang kata lagi ayo kita pelajari menghapus file di flashdsik pada informasi di bawah ini.

Tahapan Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di FlashDisk


File yang ada di FlashDisk kita seringkali menghadapi permasalahan penghapusan dan kehilangan karena berbagai sebab seperti Virus, Anti Virus Komputer maupun ketidak sengajaan pengguna. Demi menghindari resiko kehilangan file penting sangat dianjurkan untuk mengetahui restore data FlashDisk yang kami sediakan pada informasi di bawah ini.

1. Kenali Kategori File Anda

cara mengembalikan file yang terhapus di FlashDisk

Sebelum melakukan cara mengembalikan file yang terhapus di FlashDisk anda ada baiknya untuk melakukan sedikit pemindaian terhadap FlashDisk yang kita gunakan melalui fitur explorer. Setelah itu lakukan klik sebelah kanan mouse pilihlah properties pada FlashDisk yang akan kembalikan datanya.  Jika pada kolom propertiesnya tercantum used spacenya tidak dalam angka 0 maka bisa dipastikan bahwa file hilang disebabkan oleh virus begitupun sebaliknya.

2. Scan Dengan Smadav


cara mengembalikan file yang terhapus di FlashDisk


Untuk membersihkan FlashDisk agar terhindar dari virus yang bisa menyebabkan file terhapus salah satunya dengan men-scan FlashDisk yang bermasalah. Biasanya file yang terinfeksi akan corrupt dan terhidden di sebuah folder maka dari itu anda bisa mencobanya dengan scanning full FlashDisk anda dengan Smadav. Mungkin tidak hanya smadav saja boleh antivirus lainya yang bisa anda gunakan.

3. Tampilkan File Yang di Sembunyikan Virus

Dengan menampilkan file yang di sembunyikan oleh virus kita akan mengetahuinya dengan membuka settingan di menu options. Sering terjadi memang di banyak kasus data yang tersimpan di FlashDisk tiba-tiba hilang ternyata tidak terhapus melaikan terhidden di suatu folder. Nah bagaimana cara mengatasinya simak penjelasan berikut.

1. Yang pertama buka Menu Exproler lalu klik Organize dan pilih "Folder and search options".

cara mengembalikan file yang terhapus di FlashDisk

2. Langkah selanjutnya adalah membuka Menu View lalu pilih "Show hidden files, folder and drivers" kemudian Apply lalu Ok.

cara mengembalikan file yang terhapus di FlashDisk

3.Setelah selesai semua kemudian cari file tersebut di dalam FlashDisk anda.

4. Temukan Lokasi FlashDisk Anda

Berikutnya adalah dengan mengetahui lokasi atau detil tempat FlashDisk yang dicolokan ke komputer anda. Biasanya lokasi atau detil tempat ini disimbolkan dengan 1 huruf seperti G, H dan lain sebagainya tergantung akan pengaturan kita terhadap partisi penyimpanan FlashDisknya. Setelah kita mengetahuinya ketikan hal tersebut di CMD lalu tekan Enter sampai munculnya simbol seperti H:>.

5. Ketikan Urutan Kode Perintah Dengan Baik dan Benar

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di FlashDisk


Tahapan cara mengembalikan file yang terhapus di FlashDisk berakhir ketika anda mengetikan kode perintah atau instruksi yang tepat di CMD. Anda dapat mengetikan kode perintah tersebut dengan urutan seperti ini : ATTRIB *.* - S - (Inisial FlashDisk) – R /S /D. Perhatikan betul penulisa dan spasi dari kode instruksi ini jangan sampai ada yang salah. Jika sudah selesai dan dicek ulang maka ketik Enter, berikutnya yang terjadi file anda yang hilang sudah ada di FlashDisk anda seperti semula.

Silahkan bagi anda untuk bisa mencoba cara mengembalikan file  yang terhapus di FlashDisk pada artikel ini. Diharapkan dengan hadirnya informasi ini akan menambah kekayaan pengetahuan dan kapabilitas anda dalam permasalahan perangkat keras yang berhubungan dengan komputer terutama FlashDisk serta pengembalian data yang sudah hilang.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di FlashDisk "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel