Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Mudah Agar Baterai HP Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Matateknologi.comPasti anda sering kesal ketika baterai hp anda mudah habis. Apalagi jika peringatan baterai 15 persen baru beberapa menit yang lalu, namun hp sudah mati. Anda juga pasti kesal jika dalam sehari harus mengecas baterai 2-3 kali. Lalu muncul beberapa pertanyaan. Apa ini salah hp yang tidak awet baterai ? Atau ada hal lain yang mengganggu. 

Kabar baiknya, ada beberapa tips agar baterai hp awet. Tapi ingat, mematikan hp jelas akan menghemat daya. Jadi saya tidak akan memasukkan disini yaa. Jadi inilah beberapa trik agar hp awet baterai yang bisa anda lakukan ya

1. Jangan Biarkan Baterai Habis Total

Sebagian orang akan menyuruhmu untuk mengosongkan baterai sampai habis untuk selanjutnya di cas. Tapi itu berlaku untuk baterai hp tipe lama, karena berbahaya bagi baterai hp dan laptop modern. Baterai hp modern didesain akan kosong pada 300-500 pengisian ulang, jadi untuk memperpanjang masa siklus itu adalah dengan menjaga ponsel tetap terisi. Ini juga akan mengurangi aus (susut) dan kerusakan yang perlahan-lahan akan melemahkan baterai untuk menampung pengisian. Jadi, cas ponselmu sebelum baterainya habis total.

2. Turunkan Kecerahan

Layar ponselmu menggunakan lebih banyak daya daripada bagian ponsel yang lain. Menurunkan kecerahan sangat berguna untuk menghemat daya. Jadi matikan juga kecerahan otomatis untuk agar daya tidak boros dengan perubahan intensitas yang terlalu sering.

3. Gunakan Mode Hemat Daya 

Jika mode hemat daya dinyalakan, maka akan menurunkan kecerahan dan mematikan sementara aplikasi latar belakang yang sedang berjalan. Ini tentu saja akan menhemat daya baterai anda.

4. Hindari Pengisian Daya Cepat

Tampaknya pengisian daya cepat adalah hal yang bagus, tetapi ini akan memperpendek umur baterai. Mengecas terlalu cepat membuat reaksi kimia didalam baterai menjadi tidak efisien dan dapat menurunkan jumlah energi yang dapat tersimpan dalam baterai hingga 20%

5. Gunakan Mode Pesawat

Jika anda tidak menggunakan koneksi internet, anda dapat mengaktifkan mode ini untuk menghemat daya. Apalagi jika berada di daerah yang minim sinyal.

6. Gunakan Wi-Fi Dengan Bijak

Penggunaan Wi-Fi memang membuat kita menghemat kuota. Tetapi, jika tidak dibutuhkan pastikan menyalakan Wi-Fi ketika dibutuhkan saja. Karena jika menyala tetapi tidak digunakan, hp mu akan terus mencari sinyal Wi-Fi. Tetapi jika berada ditempat tertentu ada sinyal Wi-Fi, anda bisa menggunakannya dengan bijak. Karena penggunaan Wi-Fi bisa menghemat daya 40% lebih sedikit daripada menggunakan sinyal 4G

7. Jagalah Suhu Ponsel

Sama seperti manusia, hp juga tidak suka suhu ekstrim. Udara dingin akan memperlambat reaksi didalam baterai, sehingga menurunkan jumlah daya yang bisa disimpan. Sedangkan suhu panas akan mempercepat reaksi baterai dan dapat menimbulkan kerusakan.

8. Minimalkan Menonton Video dan Bermain Games

Membatasi menonton video di hp memang akan menghemat daya baterai. Karena semakin lama layar hp mu menyala, maka daya baterai hp mu akan semakin boros. Demikian juga ketika anda bermain video games. Semakin aktif layar akan semakin boros penggunaan dayanya.

9. Batasi Penggunaan Aplikasi yang Menguras Daya

Contoh aplikasi yang banyak menguras daya adalah aplikasi media sosial. Banyak hal yang dapat menguras daya diantaranya seringnya pemberitahuan, pelacakan lokasi, dan video yang otomatis berputar. Anda dapat mematikan pemberitahuan, atau dapat juga menonaktifkan latar belakang pemakaian aplikasi tersebut.

10. Matikan Pelacak Lokasi

Anda dapat mematikan pelacakan lokasi jika tidak dibuthkan. Pelacak lokasi yang terus-menerus dapat menguras daya baterai mu karena terus melakukan pencarian.

11. Matikan Pembaruan Otomatis.

Hal ini memang tidak terlalu menguras seperti hal sebelum-sebelumnya. Tapi jika dimatikan, hal ini dapat menghemat bateraimu. Sebagai gantinya anda dapat mengaktifkannya ketika tersedia layanan Wi-Fi disekitar anda.

12. Layar Beranda Seringkas Mungkin

Mungkin layar beranda yang keren dapat menjernikan mata kita. Tetapi hal ini dapat lebih cepat menguras baterai anda daripada biasanya. Apalagi jika pemasangan wallpaper ini menggunakan animasi. Sebagai gantinya , anda dapat menggunakan wallpaper yang sederhana dengan gambar diam.

Gunakanlah ponselmu dengan bijak ya. Karena dengan melakukan beberapa tips diatas, anda sudah bisa menghemat daya bateraimu. Tentu saja hal ini akan memperpanjang umur bateraimu. Jadi, anda bisa menggunakan ponselmu lebih lama.

 

Penutup

Demikian artikel tentang cara mudah agar baterai HP awet dan tidak cepat rusak. Semoga artikel yang telah Mata Teknologi berikan bermanfaat. 

2 komentar untuk "12 Cara Mudah Agar Baterai HP Awet Dan Tidak Cepat Rusak"