Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Baterai Laptop Rusak Dan Harus Diganti

Matateknologi.com - Ciri Baterai Laptop Rusak dan Harus Diganti. Baterai merupakan jantung dari laptop kita. Namun jika sudah berumur, baterai akan mengalami penurunan performa sehingga membuat produktivitas kita menjadi terhambat.

Baterai merupakan salah satu komponen yang paling penting. Bila baterai rusak, maka kinerja perangkat akan mulai terpengaruh. 

Ciri Baterai Laptop Rusak
Baterai Laptop

Baterai berfungsi sebagai penyimpan daya listrik. Daya yang disimpan dalam baterai akan disuplai keseluruh komponen dalam laptop agar bisa hidup. Untuk itu, penting untuk selalu menjaga baterai agar performanya stabil dan tidak cepat menurun.

Namun, bagaimana jika performa baterai laptop terlanjur menurun ? Ini ciri-ciri baterai laptop rusak 

Ciri Baterai Laptop Rusak

1. Baterai Laptop Mengalami Perubahan Fisik

Kita mungkin jarang menemukan baterai laptop sampai membengkak seperti di smartphone. Tapi, kemungkinan itu pasti ada. Baterai laptop juga bisa mengalami pembengkakan jika sudah mengalami kerusakan.

2. Daya Simpan Berubah

Biasanya baterai laptop akan terisi dalam 1-2 jam. Tetapi jika pengisian daya anda rasa terlalu cepat mencapai 100%, bisa saja baterai laptop anda sudah mengalami penurunan performa. Apalagi jika baru dipakai beberapa menit, persentase sudah menurun 10-20%.

3. Pengisian Tidak Sempurna

Perhatikan saat anda mengisi baterai laptop anda. Jika baterai anda hanya bertahan di bawah angka 100% dan tidak bisa naik lagi, bisa jadi baterai anda mulai bermasalah.

Cobalah untuk mencabut dan pasang kembali kabel charger laptop anda. Jika bisa sampai 100%, mungkin itu bukan masalah pada saat itu. 

Namun, di lain waktu bisa jadi hal ini terjadi lagi. Ini bisa menjadi tanda awal bahwa baterai anda bermasalah. Hal ini sering terjadi pada baterai laptop Imitasi atau KW.

4. Baterai Tidak Bisa Menampung Daya Lagi

Tak peduli seberapa lama anda mengisi baterai laptop anda, namun tidak terisi sama sekali. Artinya baterai laptop anda sudah rusak, karena sudah bocor. 

Tanda lain baterai laptop anda rusak adalah saat mencabut kabel charger laptop, maka laptop akan mati seketika. 

Sudah seharusnya baterai laptop anda ganti dengan yang baru.

Ciri Baterai Laptop Rusak
Baterai Laptop Tidak Terisi


5. Muncul Tanda Peringatan di Indikator Baterai

Tanda lain adalah munculnya peringatan tanda silang berwarna merah di indikator baterai pada kanan bawah. 

Peringatan lainnya adalah berupa pesan :

0% available (plugged in, not charging) 

Sudah sebaiknya baterai anda di ganti dengan yang baru. Karena sama saja daya listrik dari kabel charger hanya melintas di baterai dan tidak bisa menyimpan daya listrik. 

Jika sudah ada ciri baterai laptop rusak seperti diatas, segera ganti baterai dengan yang baru. Memang harganya sedikit mahal, tapi cobalah untuk membeli yang Original. Karena baterai original lebih baik dari pada yang KW tapi keamanan belum terjamin.

Cara Mencegah Kerusakan Baterai

Pasti sedih dong jika baterai laptop anda rusak karena tidak bisa dipakai secara mobile (harus menancap ke sumber listrik). Setelah tahu ciri baterai laptop rusak, sebaiknya kita perlu mencegah sebelum kerusakan baterai laptop anda terjadi. Berikut cara mencegah kerusakan baterai laptop bisa dilakukan dengan cara :\

1. Hindari penggunaan laptop hingga baterai habis total

2. Cabut colokan saat baterai sudah full

3. Hindari menggunakan laptop secara berlebihan ketika di charge 

4. Manfaatkan tips menghemat baterai

5. Jika dibutuhkan, lepas baterai secara aman

6. Hindari colokan bercabang banyak

Peliharalah baterai laptop anda supaya awet dan tahan lama. Lakukan tips tips diatas agar terhindar dari kerusakan baterai atau bahkan laptop anda. 

Akhir Kata

Demikian ciri baterai laptop rusak dan harus diganti menurut matateknologi.com dan ditambah dengan cara pencegahannya. Semoga baterai laptop kita awet dan tahan lama dengan melakukan langkah-langkah pencegahan. Jangan lupa segera ganti baterai yang baru, jika sudah mengalami kerusakan karena bisa 'menular' ke perangkat lain.

Jika ada saran atau ada yang kurang bisa ditulis dikolom komentar yaa. Semoga bermanfaat :) 

Posting Komentar untuk "Ciri Baterai Laptop Rusak Dan Harus Diganti"