Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tanda Laptop Minta Install Ulang

Matateknologi.com - Penggunaan laptop untuk pekerjaan memang sudah sangat membantu banyak orang. Karena bentuknya yang praktis dan fleksibel untuk di bawa kemana saja saat bepergian. Hanya perlu menyiapkan aplikasi dan data yang dibutuhkan, laptop sudah siap digunakan.
Namun, pernahkah sobat mengalami hal-hal yang menghambat pekerjaan karena laptop anda yang tiba-tiba lemot, aplikasi tiba-tiba tertutup, atau mungkin karena virus. Tentu saja hal-hal itu menjengkelkan saat kita melaksanakan pekerjaan. Tentu saja salah satu solusinya adalah laptop anda minta install ulang.

Tanda Laptop Minta Install Ulang

1. Booting lambat 

Tanda laptop minta install ulang yang pertama dapat dilihat dari proses booting yang lama. Booting merupakan proses menghidupkan laptop sampai tampil ke halaman desktop. Kalau sejak dihidupkan saja sudah lambat. Berarti memang terdapat masalah di laptop sobat dan minta di install ulang.Padahal pada umumnya proses booting tidak membutuhkan waktu lama. 

Windows Booting (sumber: ajsnetworking)

Mungkin saja banyak aplikasi yang secara otomatis berjalan saat proses startup atau ketika laptop dihidupkan. Sobat bisa mematikan program-program yang tidak dibutuhkan saat start-up satu persatu. Namun sobat harus berhati-hati dalam hal ini dan cobalah konsultasi ke ahlinya.

2. Loading lambat

Tanda laptop minta install ulang yang kedua yang selanjutnya ketika membuka program terasa lambat. Padahal hanya membuka sedikit aplikasi atau bahkan tidak ada aplikasi lain yang dibuka. Selain kebutuhan fisik misal RAM laptop yang tinggi, sobat juga bisa menginstall ulang. Apalagi jika loading aplikasi dirasa tidak normal.

3. Sering not responding

Jika beban sudah terlalu berat, pasti anda pernah mengalami tampilnya tulisan ‘not responding’. Hal ini jelas sangat menganggu apalagi ketika sedang fokus-fokusnya bekerja. Not responding sendiri bisa disebabkan beberapa hal, diantaranya seperti bug software, laptop membuka beberapa program sekaligus, cache yang tidak dibersihkan, hingga tidak cukupnya sumber daya laptopnya. Apabila pesan ‘not responding’ muncul terlalu sering dan sampai mengganggu, sobat bisa menginstall ulang laptop untuk me-refresh kembali sistem operasi pada laptop sobat.

4. Sering restart sendiri

Restart sendiri merupakan hal yang jarang terjadi. Namun ketika hal ini terjadi, laptop sobat butuh di servis hingga di install ulang. Biasanya terjadi karena kegagalan sistem operasi dan mengakibatkan masalah. Namun penyebab pastinya sulit untuk di ketahui dengan jelas.

5. Sering blue screen

Blue Screen (sumber: microsoft)

Sama seperti sebelumnya, blue screen pada laptop atau komputer jarang terjadi. Namun jika hal ini terjadi, anda dapat mencari tau arti kodenya dan searching di google. Jika sudah sulit di tangani, itu tanda bahwa laptop anda butuh install ulang.

6. Aplikasi buka sendiri 

Kasus yang satu ini bisa bikin kita jengkel. Aplikasi yang buka sendiri biasanya disebabkan karena laptop terkena virus atau malware sehingga menyebabkan program berjalan secara otomatis (autorun). Sehingga laptop sobat perlu di install ulang agar permasalahan teratasi secara efektif.

7. Aplikasi sering force close 

Kasus ini kebalikan dari sebelumnya dimana aplikasi tiba-tiba menutup sendiri (force close). Hal ini bisa dikarenakan karena RAM penuh bekerja, sehingga bisa membuat program menutup sendiri.

8. Laptop kena malware atau virus 

Virus atau malware (sumber: pixabay)

Tanda laptop butuh diinstall ulang yang terakhir adalah saat laptop sobat terinfeksi virus maupun malware. Kasus ini sering di jumpai karena memang solusi yang paling ampuh adalah install ulang laptop sobat. Padahal sudah sering menggunakan antivirus, namun hasilnya masih belum memuaskan.

PENUTUP

Dengan laptop sobat di install ulang, tentu saja akan tampil seperti baru lagi dan bersih dari virus maupun malware.
Itu dia beberapa tanda-tanda laptop butuh install ulang menurut tim Mata Teknologi. Namun perlu diingat bahwa pastikan sobat memback-up data sebelum menginstall ulang laptop sobat.

Posting Komentar untuk "8 Tanda Laptop Minta Install Ulang"