Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Wifi Putus Nyambung Dengan Mudah

Mata Teknologi - Cara Mengatasi Wifi Putus Nyambung. Wifi putus nyambung membuat suasana menjadi menyebalkan. Sudah senang hati ini ketika nyambung, tapi tiba-tiba putus. Jangan pasrah, ada banyak cara untuk mengatasi wifi putus nyambung.

Penyebab Wifi Putus Nyambung

Wifi putus nyambung bisa disebabkan beberapa hal :

  • Sinyal wifi lemah
  • Terlalu banyak perangkat terkoneksi
  • Wifi tetangga
  • Modem yang sudah tua

Jika sudah begitu, jangan hanya pasrah dan ngedumel. Anda bisa melakukan beberapa langkah cara mengatasi wifi putus nyambung.

Cara Mengatasi Wifi Putus Nyambung
Wifi Terlalu Banyak Yang Tersambung


Cara Mengatasi Wifi Putus Nyambung

Lupakan Wifi dan Sambung Lagi

Ketika terjadi masalah sambungan wifi yang putus nyambung, anda bisa dengan merestart koneksi dari perangkat anda. Coba tes dengan perangkat lain, jika hanya perangkat anda yang sering putus nyambung, anda bisa melakukan cara ini.

Caranya dengan melupakan jaringan wifi lalu di sambungkan lagi.

  • Buka Setting, Lalu pilih menu Wifi
  • Pilih nama Wifi yang sering putus nyambung
  • Klik kanan jika memakai komputer, tekan lama jika memakai android
  • Lalu pilih "Forget This Network" atau bahasa indonesia nya "Lupakan Jaringan"
  • Tunggu beberapa saat, lalu koneksi kan kembali dan biasanya menggunakan password (jika dibutuhkan)

Apakah sudah berhasil ? Jika belum anda bisa melakukan langkah selanjutnya

Matikan Access Point 

Jika anda memiliki akses ke sumber wifi, anda perlu merestartnya. Namanya access point. Cukup dengan menekan tombol power, matikan selama kira-kira 10 detik. Lalu hidupkan lagi.

Mungkin access point anda lelah karena hidup terus tanpa istirahat. Seperti hal nya perangkat lain seperti komputer atau laptop, access point juga perlu di restart dalam periode tertentu. 

Setelah itu coba tes lagi koneksinya di komputer atau hp anda. Jika berhasil, selamat ya. Jika belum, anda bisa melakukan langkah selanjutnya

Pindah Ke Private Mode

Kadang-kadang, di Windows 10 cara mengatasi wifi putus nyambung yang satu ini akan berhasil. Cara mengatasi Anda perlu mengganti yang sebelumnya Network Profile nya "Public" , menjadi "Private".

Cara mengganti Public ke Private Mode di Network Profile Windows 10 adalah :

  • Tekan wifi, pilih wifi yang bermasalah tadi
  • Pilih Properties
  • Lalu pilih Private

Update Driver

Jika masih bermasalah juga, anda bisa mengupdate driver pada laptop atau komputer anda. Cari saja dengan menekan tombol "Windows + R " lalu ketikkan " Device Manager".

Cara Mengatasi Wifi Putus Nyambung
Device Manager

Carilah driver wifinya. Biasanya pada bagian "Network Adapters", lalu pili yang ada tulisannya "Wifi Adapter". Kemudian Klik Kanan, pilih "Update Driver Software". Tunggu sampai selesai

Restart Komputer

Anda perlu melakukan langkah ini jika perangkat lain konek, tapi perangkat anda sendiri yang tidak konek. Cobalah untuk merestart perangkat komputer atau android anda. 

Ganti Access Point

Jika wifi putus nyambung karena sinyal wifi lemah, anda tinggal mendekatkan perangkat anda ke sumber sinyal wifi.

Jika wifi putus nyambung disebabkan oleh banyak perangkat yang tersambung, ya kita hanya bisa pasrah. Karena banyak yang membutuhkan wifi pada saat itu.

Jika sudah berbagai cara mengatasi wifi putus nyambung belum berhasil, mungkin saja access point yang anda miliki sudah terlalu jadul atau tua. Jadi perlu diganti dengan yang lebih baru dengan teknologi yang lebih mutakhir.

Akhir Kata

Semoga tips cara mengatasi wifi putus nyambung ini bisa menjadi solusi permasalahan anda. Semoga artikel yang telah diberikan oleh tim Mata Teknologi bermanfaat bagi kita semua. Jika memang masih terdapat masalah, anda perlu kontak yang lebih ahli misal dari penyedia layanan wifinya. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Wifi Putus Nyambung Dengan Mudah"