Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Whatsapp-mu Telah Dibajak atau Disadap

Matateknologi – Kadang kita merasa was-was apakah Whatsapp kita aman atau tidak. Pastikan jika kamu menggunakan Whatsapp web, sudah melogout nya baik itu di komputer kantor, warnet, atau dimanapun anda menggunakannya.

Orang lain bisa saja mengakses akun Whatsapp mu jika memang koneksinya lupa tidak diputus. Pada akhirnya malah merugikan diri kita dan bisa juga digunakan untuk menipu orang lain yang ada di kontak kita.

keamanan whatsapp
Whatsapp

Berikut ini tanda-tanda bahwa akun Whatsapp telah disadap menurut Mata Teknologi

1. Ada Notifikasi Tidak Jelas

Jika muncul notifikasi yang aneh, misalkan whatsapp web tiba-tiba aktif sendiri padahal kamu tidak menggunakannya. Perlu diwaspadai bahwa Whatsapp web digunakan orang lain.

Anda perlu mengecek di akun WA anda dengan menekan ikon tiga titik di kanan atas. Lalu pilih Whatsapp Web. Disana akan terlihat informasi di mana saja akun WA anda aktif.

Jika anda merasa tidak menggunakannya, anda bisa melogout satu atau semua yang ada di sana.

2. Aplikasi Whatsapp Sering Hang

Bisa jadi ini terjadi karena ada orang lain juga yang menggunakan Whatsappmu. Orang lain sedang membuka Whatsapp mu ditempat lain, sehingga memakan RAM yang berlebihan dan membuat aplikasi cepat panas.

3. Ada Pesan Asing Terkirim

Anda merasa ada pesan yang terkirim dengan sendirinya ? Padahal sepengetahuan anda tidak mengirim pesan pada siapapun.

4. Online Sendiri

Jika orang lain merasa kamu sedang online, padahal kamu sudah menutup aplikasinya. Bisa jadi ini merupakan indikasi akun mu telah dibajak orang lain.

5. Pesan Terbaca

Tanda centang biru bisa menjadi indikasi bahwa WA anda disadap. Anda harus teliti dalam memperhatikan pesan mana yang belum dibaca dan sudah dibaca.

6. Tiba-tiba Akun Keluar

Akun Whatsapp anda bisa saja keluar jika di gunakan di HP lainnya. Hal ini terjadi karena Whatsapp tidak bisa digunakan di dua HP secara bersamaan.

Pastikan anda tidak mengirim kode OTP (One Time Password) pada orang lain. Karena bisa saja kode ini yang membuat orang lain bisa membuka Whatsapp anda.


Cara Mengatasi : 

Jika mengalami hal diatas, Mata Teknologi memberikan tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi permaslahan-permasalahan diatas dengan berbagai cara, diantarannya

1. Keluar dari WA Web

Bila ada yang mencurigkan di notifikasi WA anda, anda bisa mengeluarkan WA Web anda. Caranyadengan menekan titik tiga di kanan atas, lalu pilih Whatsapp Web. Anda bisa memilih salah satu atau semua untuk di logout.

2. Aktifkan Pindai Sidik Jari

Anda bisa mengamankan akun WA anda dari orang asing. Caranya klik tiga titik di kanan atas, lalu pilih privasi, kunci sidik jari dan aktifkan. Pasang sidik jari anda, lalu pilih berapa lama aplikasi akan terkunci otomatis

3. Aktifkan 2 Langkah Verifikasi

Anda bisa melakukan verifikasi 2 faktor dengan cara klik 3 titik di kanan atas lalu pilih setting, account, two step verification. Lalu pilih enable dan masukkan enam kode yang diinginkan. Jangan lupa untuk memasukkan alamat email untuk pemulihan kode jika lupa

4. Nonaktifkan Akun

Hal ini bisa juga dilakukan jika WA anda sudah di bajak. Anda perlu menonaktifkan akun Whatsapp anda dan memulihkan kembali. Hubungi email support@whatsapp.com dan jelaskan permasalahan anda. 

Penutup

Demikian tips untuk mengetahui aplikasi Whatsapp telah dibajak atau disadap yang bisa Mata Teknologi berikan. Tetaplah waspada dan berhati-hati jika ada notifikasi yang tidak jelas. Maupun permintaan yang berasal dari orang asing. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Whatsapp-mu Telah Dibajak atau Disadap"