Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Laptop Sering Hang dan Cara Mengatasinya

Matateknologi.com - Penyebab Laptop Sering Hang Atau Not Responding. Saat ini, laptop sudah menjadi perangkat yang paling banyak digunakan untuk bekerja. Entah itu sebagai perangkat utama atau sebagai perangkat pendukung untuk menulis laporan. 

Namun sering kali ketika kita sedang sibuk-sibuknya bekerja menggunakan laptop, tetapi malah not respoding. Kejadian hang ini memang membuat kita sebel.

Nah dari kejadian hang atau not responding itu, pasti ada sebabnya. Mari kita simak ulasan penyebab laptop sering hang dibawah ini yang disertai dengan tips cara mengatasi laptop hang.

Penyebab Laptop Sering Hang

1. Multitasking

Pasti semua orang tau kalau penyebab utama laptop sering hang adalah Multitasking. Multitasking adalah membuka banyak program, apalagi jika tersambung internet. 

Penyebab Laptpo Sering Hang
Multitasking

Jika manusia saja memiliki batasan dalam multitasking, komputer pun begitu. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh RAM yang kecil, sehingga tak mampu untuk mengerjakan banyak hal. Semakin banyak program yang dibuka, maka semakin banyak pula resource yang dibutuhkan 

Tips : Tutuplah beberapa program yang sedang tidak digunakan. Minimalisir aktivitas multitasking

2. Virus

Ada banyak jenis virus yang dapat menyerang komputer kita. Sistem kerja virus memang berbeda-beda, namun kebanyakan virus membuat program tidak berjalan dengan normal. 

Virus bisa datang dari mana saja. Bisa dari internet, transfer file lewat flashdisk, atau bahkan ada yang berasal dari antivirus abal-abal. Anda harus berhati-hati dalam memilih antivirus. Malahan ada antivirus yang membawa virus.

Tips : Jika anda menggunakan Windows, lebih baik scan menggunakan Windows Defender. Jangan lupa untuk mengupdate secara periodik untuk hasil yang lebih baik.

3. Program Crash

Program yang not responding bisa juga disebabkan karena crash. Program crash adalah program membutuhkan waktu lama untuk eksekusi atau bahkan not responding. Tak jarang, efeknya bisa membuat komputer kita jadi hang.

Biasanya program yang crash disebabkan karena versi programnya tidak cocok atau tidak kompatibel dengan komputer kita. 

Tips : Anda bisa men-downgrade versi programnya atau mengupgrade perangkat anda. 

4. Memori Penuh

Memori yang dimaksud disini adalah memori penyimpanan dari disk kita. Harddisk, khususnya pada partisi C tempat kita menginstal Windows seharusnya menyediakan space kosong beberapa Giga. 

Space kosong beberapa giga pada partisi C bisa memberikan sedikit keleluasaan untuk sistem menyimpan beberapa data saat berjalan. Jadi tidak bingung ketika harus menyimpan data baik itu berupa data cache (yang sementara) atau data yang permanen. 

Space yang penuh biasanya ditandai dengan disk berwarna merah. Warna ini bisa kita cek dengan membuka Windows Expolrer pada partisis tertentu. Jika berwarna biru berarti normal-normal saja.

Tips : Sediakan space kosong minimal 10 GB pada partisi C agar terasa lega. Hal ini untuk menghindari minimnya kebutuhan space aplikasi sehingga bikin komputer kita pusing.

5. Overheating

Overheating atau kepanasan biasanya terjadi pada laptop yang sudah berumur agak lama. Biasanya terjadi karena debu-debu yang masuk ke laptop sehingga menghalangi sirkulasi udara dari kipas pendingin. Overheating juga bisa disebabkan karena pasta pendingan prosesor sudah habis. 

Penyebab Laptop Sering Hang
Overheating Pada Laptop

Laptop yang terlalu panas, dapat menjadi penyebab lemotnya kinerja. Bahkan bisa menyebabkan hang atau not-responding. Tanda-tandanya adalah panas yang berlebihan pada ventilasi kipas. Atau bisa juga pada keyboard sebelah kiri

Tips : Lakukan perawatan secara berkala, meskipun setahun sekali. Jika tidak bisa sendiri, bawalah ke tempat servis laptop terdekat

Akhir Kata

Jadi itulah beberapa penyebab laptop sering hang dan disertai dengan tips cara mengatasinya. Lakukan perawatan secara berkala pada laptop anda agar dapat bekerja lebih optimal. Perawatan bisa dilakukan secara software atau bisa juga perawatan hardwarenya. 

Semoga artikel yang diberikan oleh Mata Teknologi ini bermanfaat dan bisa membantu. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar. Saran yang membangun sangat kami harapkan. Terimakasih :) 

Posting Komentar untuk "Penyebab Laptop Sering Hang dan Cara Mengatasinya"